Proses Perkuliahan

Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang mempunyai pilihan perkuliahan sebagai berikut:

  1. Reguler Pagi (Selasa, Rabu, dan Kamis; jam 08:30 - 12:10 WIB)
  2. Reguler Sore (Selasa, Rabu, dan Kamis; jam 16:30 - 20:40 WIB)
  3. Reguler Jumat, Sabtu, Minggu (Jumat; jam 19:00 - 20:40, Sabtu, jam 14:00 - 20:40, dan Minggu, jam 08:00 - 11:25

Pilihan perkuliahan ini akan dibuka apabila kuota mahasiswa mencukupi syarat untuk membuka suatu kelas, yaitu jumlah mahasiswa minimal mencapai 12 (dua belas) orang, 

Pada semester I (satu) mahasiswa akan memilih matakuliah wajib sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, kurukulum semester I (satu) terdiri dari 5 (lima) matakuliah, antara lain; a) Filsafat dan Sejarah Pemikiran Ekonomi; b) Mikroekonomi Lanjutan; c) Makroekonomi Lanjutan; d) Statistik Multivariat; dan e) Manajemen.

Pada semester II (dua) mahasiswa juga diharuskan untuk mengambil mata kuliah wajib sesuai kurikulum Program Magister Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, Kurikulum semester II (dua) terdiri dari 5 (lima) matakuliah, yaitu: a) Metodologi Penelitian Ekonomi; b) Ekonomi Internasional; c) Ekonomi Moneter; d) Ekonomi Pembangunan; dan e) Ekonometrika.

Pada semester III (tiga) Mahasiswa diharuskan menetapkan pilihan kosentrasi, mata kuliah- mata kuliah yang akan di ambil sesuai dengan konsentrasi pilihan. Kurikulum Semester III (tiga) tiga terdiri 4 (empat) Konsentrasi, antara lain: a) Konsentrasi Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan; b) Konsentrasi Ekonomi Sumberdaya Alam; c) Konsentrasi Ekonomi Sektor Publik; dan d) Konsentrasi Ekonomi Pendidikan.

Keempat konsentrasi ini akan dibuka jika kuota mahasiswa mencukupi syarat untuk membuka suatu kelas,, yaitu jumlah mahasiswa minimal mencapai 12 (dua belas) orang.

Untuk menambah wawasan keilmuan mahasiswa secara empirik dan juga Upaya percepatan penyelesaian tesis, maka pada akhir perkuliahan semester II, sebelum memasuki perkuliahan  semester III,, maka Program Magister Ilmu Ekonomi FE UNP melakukan studi referensi baik ke perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Adapun perguruan tinggi yang dituju untuk studi referensi adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A untuk dalam negeri sedangkan untuk perguruan tinggi luar negeri dengan stasus excellent. Untuk menambah referensi dan wawasan mahasiswa untuk penyelesaian tesis, Program Magister Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Padang mewajibkan kepada mahasiswa untuk mengikuti studi referensi tersebut.  
Setiap tahun pada masing-masing angkatan melakukan kunjungan studi referensi kepada program studi yang sama pada perguruan tinggi lain baik dalam negeri ataupun luar negeri. Perguruan tinggi dalam negeri yang telah dikunjungi yaitu S2 Ilmu Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung dan S2 Ilmu Ekonomi Univeristas Brawijaya Malang. Sedangkan perguruan tinggi luar negeri yang telah dikunjungi yaitu Faculti Ekonomi Universitas Utara Malaysia Keddah, Perpustakaan Program Magister Universitas Indonesia, 2 (dua) kali kunjungan ke Universiti Utara Malaysia, 1 (satu) kali kunjungan ke Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Malaya serta ke Economic Planning Unit (EPU) di Putera Jaya Malaysia . Hasil kunjungan tersebut digunakan sebagai masukkan untuk tugas akhir mahasiswa dan penyempurnaan kurikulum program studi magister ilmu ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Pada Semester IV (empat) Mahasiswa diarahkan untuk menyelesaikan Penulisan tesis, Mahasiswa melalui bimbingan oleh dosen pembimbing yang sudah ditetapkan oleh Ketua Program Studi dan disetujui oleh dekan, diharapkan dapat menyelesai Seminar Proposal tesis. selanjutnya dapat melaksanakan Ujian tesis yang pada akhirnya akan diwisuda sesuai dengan periode yang telah ditetapkan.